Minggu, 19 Januari 2014

SET INTRUKSI


1. TRANSFER DATA
* Menetapkan lokasi operand sumber dan operand tujuan.
* Lokasi-lokasi tersebut dapat berupa memori, register atau bagian paling atas daripada stack.
* Menetapkan panjang data yang dipindahkan.
* Menetapkan mode pengalamatan.
* Tindakan CPU untuk melakukan transfer data adalah :
    a. Memindahkan data dari satu lokasi ke lokasi lain.
    b. Apabila memori dilibatkan :
          1. Menetapkan alamat memori.
          2. Menjalankan transformasi alamat memori virtual ke alamat memori aktual.
          3. Mengawali pembacaan / penulisan memori

Operasi set instruksi untuk transfer data :
* MOVE : memindahkan word atau blok dari sumber ke tujuan
* STORE : memindahkan word dari prosesor ke memori.
* LOAD : memindahkan word dari memori ke prosesor.
* EXCHANGE : menukar isi sumber ke tujuan.
* CLEAR / RESET : memindahkan word 0 ke tujuan.
* SET : memindahkan word 1 ke tujuan.
* PUSH : memindahkan word dari sumber ke bagian paling atas stack.
* POP : memindahkan word dari bagian paling atas sumber 

FUNGSI ARITHMATIC
ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit (bahasa Indonesia: unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit)adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi arithmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi arithmatika ini disebut adder. Tugas lalin dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu:
a. sama dengan (=)
b. tidak sama dengan (<>)
c. kurang dari (<)
d. kurang atau sama dengan dari (<=)
e. lebih besar dari (>)
f. lebih besar atau sama dengan dari (>=)
 (sumber: Buku Pengenalan Komputer, Hal 154-155, karangan Prof.Dr.Jogiyanto H.M,       
   M.B.A.,Akt.)

Fungsi-fungsi yang didefinisikan pada ALU adalah Add (penjumlahan), Addu (penjumlahan tidak bertanda), Sub (pengurangan), Subu (pengurangan tidak bertanda), and, or, xor, sll (shift left logical), srl (shift right logical), sra (shift right arithmetic), dan lain-lain.

FUNGSI LOGIKA
Fungsi Logika adalah fungsi yang digunakan untuk menjawab pertanyaan dimana dalam pertanyaan itu terdapat syarat untuk menjawabnya.

Fungsi Logika AND
Fungsi logika AND digunakan untuk menyelesaikan suatu persoalan yang mana dalam persoalan terdapat lebih dari satu syarat yang harus dipenuhi semuanya.

=IF(AND(SYARAT 1;SYARAT 2; SYARAT ...);JAWABAN 1; JAWABAN 2)




Fungsi Logika OR
Fungsi logika OR digunakan untuk menyelesaikan suatu persoalan yang mana dalam persoalan tersebut cukup dipenuhi satu syarat saja dari beberapa syarat yang ada.

=IF(OR(SYARAT 1;SYARAT 2; SYARAT ...);JAWABAN 1; JAWABAN 2)

CONTROL
* Tindakan CPU untuk transfer control :
   Mengupdate program counter untuk subrutin , call / return.

* Operasi set instruksi untuk transfer control :
1. JUMP (cabang) : pemindahan tidak bersyarat dan memuat PC dengan alamat tertentu.
2. JUMP BERSYARAT : menguji persyaratan tertentu dan memuat PC dengan alamat tertentu  atau tidak melakukan apa tergantung dari persyaratan.
3. JUMP SUBRUTIN : melompat ke alamat tertentu.
4. RETURN : mengganti isi PC dan register lainnya yang berasal dari lokasi tertentu.
5. EXECUTE : mengambil operand dari lokasi tertentu dan mengeksekusi sebagai instruksi
6. SKIP : menambah PC sehingga melompati instruksi berikutnya.
7. SKIP BERSYARAT : melompat atau tidak melakukan apa-apa berdasarkan pada persyaratan
8. HALT : menghentikan eksekusi program.
9. WAIT (HOLD) : melanjutkan eksekusi pada saat persyaratan dipenuhi
10. NO OPERATION : tidak ada operasi yang dilakukan.

CONTROL SYSTEM 
* Hanya dapat dieksekusi ketika prosesor berada dalam keadaan khusus tertentu atau sedang mengeksekusi suatu program yang berada dalam area khusus, biasanya digunakan dalam sistem operasi. * Contoh : membaca atau mengubah register kontrol.




2.  X = ( A+BxC ) / ( D-ExF )

3 Alamat
MPY X,B,C
ADD X,X,A
MPY Y,E,F
SUB Y,D,Y
DIV X,X,Y
5 operator / operasai

2 Alamat
MOV X,B
MPY X,C
ADD X,A
MOV Y,E
MPY Y,F
SUB D,Y
DIV X,Y
7 operator / operasi

1 Alamat
LOAD E
MPY F
STOR X
LOAD D
SUB X
STOR X
LOAD B
MPY C
ADD A
DIV X
STOR X
11 operator / operasi

0 Alamat
PUSH A
PUSH B
PUSH C
MPY
ADD
PUSH D
PUSH E
PUSH F
MPY
SUB
DIV

POP X
12 operator / operasi

Minggu, 27 Oktober 2013

ORGANISASI KMPUTER (SOFSKILL)



1. Jelaskan perbedaan utama Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer? Beri Contohnya !
 Perbedaan utama Organisasi dengan Arsitektur Komputer adalah, organisasi komputer merupakan sekumpulan  unit unit operasional pada komputer yang bekerja bersama-sama demi satu tujuan, sedangkan arsitektur komputer merupakan teknik yang digunakan dalam perancangan suatu organisasi komputer agar dapat berjalan sebagai mana mestinya.
Contoh, misalkan ada pernyataan “Apakah kompatibel dengan system 64Bit ?” (Arsitektur Komputer) dan “Apakah akan menggunakan intel x86 atau x64 ?” (Organisasi Komputer).
2. Jelaskan fungsi dari:
A.Pengolahan data : Komputer adalah mesin pengolah data yang diciptakan manusia dengan tujuan memberikan jalan untuk mempertinggi produktivitas.
Produktivitas dapat ditingkatkan dalam pengertian :
1.      Dengan mempergunakan komputer kesanggupan mengolah data atau memecahkan masalah akan lebih besar dengan mutu yang lebih baik.
2.      Dengan mempergunakan komputer sebagai pengolah data atau pemecahan suatu masalah    dapat lebih cepat terselesaikan
3.      Dengan mempergunakan komputer, pengolahan data atau pemecahan masalah dapat dilaksanakan lebih teliti dan lebih efektif. Jika ditinjau dari segi fungsionil, komputer itu bisa kita anggap sebagai pelaksana tugas, agar pekerjaan bisa diselesaikan secara baik dan effisien, maka pengolah data harus ada paling sedikit 3 persyaratan :
4.      Kumpulan data atau INPUT yang akan diolah.
5.      Prosedur pengolahan atau prosessing yang telah direncanakan.
6.      Hasil atau OUTPUT yang diinginkan dan akan dipergunakan untuk melakukan tindakan- tindakan selanjutnya.
B.  Fungsi penyimpanan data (Data storage):                                                                                 Komputer sebagai alat untuk penimpanan data yaitu untuk menyimpan data yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Contoh: download dari internet              C. Fungsi pemindahan  data (Data movement): Komputer sebagai alat untuk pemindahan data yaitu untuk  pemindahan data yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat dengan cara mengcopy paste file yang telah kita buat. Contoh: dari keyboard ke layar monitor.                                                                    
D. Fungsi kendali  (Control): Komputer sebagai alat kendali data yaitu untuk mengatur data yang telah dibuat maupun yang akan dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat. Dan bisa mengendalikan apa yang kita perintahkan melalui keyboard dan lain lain.                                                                                                                                                      3.        Sebuutkan 3 komponen computer?
Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer yang  merupakan  komponen  yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu  kesatuan  sehingga dapat difungsikan. Contonya: keyboard, mouse, cpu, monitor, PRINTER
Software atau perangkat lunak adalah suatu  program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang  dimengerti oleh komputer.  Perangkat  komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. Contohnya: sistem operasi dan aplikasi.
Brainware yaitu pemakai komputer  atau orang  yang mengoperasikan computer  karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang yang mengopersikannya  maka komputer tersebut tidak dapat digunakan. Contohnya: sistem analisa,operator, programmer.

  


Senin, 17 Juni 2013

Pengaruh Teknologi Terhadap Kebudayaan



PENGARUH  TEKNOLOGI TERHADAP KEBUDAYAAN

Di dalam suatu negara pasti mempunyai sebuah kebudayaan yang berbeda-beda disetiap negara dan juga mempunyai teknologi-teknologi canggih yang bisa mengikuti perkembangan zaman. Khususnya di Negara Indonesia, sebuah negara kepulauan yang mempunyai beragam suku, adat, bahasa dan tata cara kehidupan yang berbeda-beda. Sebuah negara yang mempunyai penduduk dari sabang sampai merauke yang jumlahnya bermilyar-milyar jiwa yang di dalamnya terdapat kebudayaan yang khas dan bersifat turun-menurun dan selalu dilestarikan.
Di dalam suatu kesatuan negarapun harus dilengkapi dengan sebuah Teknologi yang bertujuan untuk menjalin komunikasi, perdagangan, kerja sama dan berbagai kepentingan lainnya. Bisa juga sebuah teknologi yang canggih dapat berhubungan dan menjalin komunikasi dengan negara lain. Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih ini teknologipun mengikutinya agar bisa menyesuaikan dengan negara-negara tentangga.
Namun dalam perkembangan teknologi itu mempunyai dampak yang kurang baik bagi kebudayaan dan adat istiadat yang ada di dalam suatu negara khususnya Indonesia yang mempunyai beragam kebudayaan dan adat istiadat. Mengapa demikian, karena suatu teknologi apa lagi teknologi yang sudah canggi bisa membuat penggunanya menjadi merasa kecanduan dan slalu ingin bergelut dan menikmati teknologi yang ada bahkan yang sudah canggih.
Sebuah kebudayaan dan kebiasaan-kebiasaan adat atau seni-seni budaya yang ada di Indonesia seiring perkembangan zaman yang semakin canggih ini bisa perlahan-lahan menghilang begitu saja akibat dampak yang ditimbulkan oleh sebuah teknologi. Mengapa demikian, karena mayoritas warga negara indonesia lebih menyukai sebuah teknologi dibanding dengan sebuah kebudayaan seperti seni-seni tari dan kebudayaan-kebudayaan lainnya.
Bahkan yang lebih memiriskan lagi seorang anak yang masih belia sekitar 4 s/d 5 tahun sudah diperkenalkan sebuah teknologi oleh kedua orang tuanya. Sudah lebih memilih bermain sebuah alat yang berbasis teknologi dibanding dengan kebudayaan Indonesia itu sendiri. Bahkan teknologi yang sekarang ada bikan hanya ada di kota-kota besar saja tapi perlahan-lahan sudah merambah ke desa-desa dan pelosok-pelosok kampung.
Bila demikian potret realita yang ada bagaimana tidak mungkin bangsa Indonesia akan kehilangan bahkan putra-putra bangsanya akan lama-kelamaan melupakan sebuah kebudayaan dan seni-seni yang ada di negara yang luas  dan mempunyai beragam seni dan budaya ini. Bila demikian kita sebagai generasi penerus harus bagaimana menyikapinya agar kebudayaan kita ini tidak hilang dan selalu dilestarikan oleh putra-putra bangsa khususnya generasi penerus sebagai pewaris adat istiadat, seni, dan kebudayaan yang ada di Indonesia khususnya.
Namun di dalam memperhatikan kebudayaan teknologipun tidak bisa dikesampingkan, karena kita pun membutuhkan itu untuk menjalin suatu hubungan antar sesama bahkan luar negara sekalipun, namun di dalam penggunaannya harus sesuai dan tidak boleh disalah gunakan dan selama dalam porsi yang tidak belebihan maka kebudayaan kitapun tidak akan hilang dengan seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih.
Alangkah lebih baiknya sebuah teknologi dimanfaatkan untuk melihat dan mempertahankan kebudayaan-kebudayaan yang ada di negara ini dan menggunakannya untuk kepentingan yang sesuai dan yang seharusnya agar tidak menyimpang dari aturan-aturan yang ada dan tidak merusak kebudayaan yang sudah ada. Sebuah kebudayaan dan adat istiadat yang ada di negara ini kalau bukan rakyat itu sendiri siapa lagi yang akan melestarikan dan mempertahankannya khususnya kepada generasi penerus.
(JADIKAN TEKNOLOGI SEBAGAI DAYA SAING BANGSA DAN SEBAGAI WADAH UNTUK MELESTARIKAN DAN MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN YANG SUDAH ADA)